cara mengurangi sampah plastik

Cara Mudah Mengurangi Sampah Plastik

Yang namanya sampah sudah pasti dihasilkan baik itu dari perusahaan besar maupun personal. Bahkan, jumlahnya kian hari kian bertambah yang bila tidak disikapi dengan bijak justru menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Nah, salah satu jenis sampah yang cukup meresahkan adalah sampah plastik yang bisa dikatakan hampir semua pabrik, gedung terlebih rumah selalu ‘memproduksi’ nya setiap hari. Untuk itu, dibutuhkan sikap kepedulian dari semua masyarakat agar lebih mempedulikan tentang masalah yang memang umum dialami di seluruh dunia. Lantas, adakah cara untuk menguranginya? Berikut adalah cara mengurangi sampah plastik. Ini penjelasannya secara detail.

Sebagai salah satu cara mengurangi sampah plastik khususnya di rumah adalah dengan tidak menggunakan peralatan dari bahan plastik. Anda bisa memulainya dengan tidak menggunakan sedotan plastik. Ya, jenis sampah yang satu ini menjadi penyebab terbesar banyaknya hewan yang mengalami kematian. Untuk itu, sangat disarankan agar menggunakan sedotan stainless yang bisa dicuci dan dipakai kembali. Selanjutnya, cara yang bisa Anda lakukan adalah membawa tas belanja saat bepergian baik itu ke pusat perbelanjaan maupun pasar tradisional. Dengan demikian, Anda tidak menambah kantong plastik yang pastinya akan bertambah terus setiap hari. Sekarang ini cukup banyak bahan untuk tas belanja dengan model menarik. Dan enaknya, Anda bisa mencuci dan memakainya berulang kali.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah membawa botol minuman saat bepergian atau berolahraga. Memang air kemasan cukup banyak dijual dipasaran namun tidak ada salahnya juga jika Anda membawa botol minuman sendiri. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi penggunaan gelas atau botol plastik. Oh ya, dipasaran cukup banyak botol minuman yang bisa menjaga kondisi air tetap hangat atau dingin. Dan yang terakhir, cara mengurangi sampah plastik adalah membawa bekal makanan. Yup, saat Anda membeli makanan di restoran maka kemasan yang disediakan mengandung bahan plastik dimana nantinya akan menambah sampah. Seperti halnya botol minuman, maka kotak makan pun cukup banyak variasinya dengan model unik dan berbeda. Jadi, yuk berperan aktif dalam mengurangi sampah di lingkungan.